Galau Menentukan Pilihan SMA atau SMK? Cari Tahu Bedanya!

Setelah kamu lulus dari sekolah menengah pertama (SMP), kamu akan dihadapkan dua pilihan untuk melanjutkan pendidikan di SMA atau SMK. Sebagian dari kamu pasti bingung ingin melanjutkan kemana. Banyak hal yang membuat kamu semakin galau dalam menentukan pilihan, entah keinginan orang tua, minat, dan bakatmu bahkan kamu belum mengerti apa perbedaan dari SMA dan SMK. Tapi kamu tidak perlu khawatir, di bawah ini terdapat perbedaan SMA dan SMK yang dapat membantu kamu dalam memilih sekolah yang hendak kamu tuju.

 

  1. Fokus Pendidikan

Dalam pendidikan di SMA ataupun di SMK kamu akan tetap belajar sesuai kurikulum yang ada. Akan tetapi, SMA dan SMK memiliki fokus pendidikan yang berbeda. Jika SMA hanya lebih menekankan pada teori yang dipelajari dari buku, lain halnya dengan SMK yang lebih menekankan pada praktek, tapi juga mempelajari mengenai teori walaupun tidak seintensif di SMA.

 

  1. Pilihan Jurusan

Pilihan jurusan dalam SMA dan SMK tentulah berbeda. Pilihan jurusan di SMA tidak seberagam di SMK. Di SMA terdapat jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Untuk jurusan bahasa hanya terdapat di beberapa sekolah saja. Lain halnya dengan SMK yang terdiri dari banyak jurusan. Di SMK terdapat jurusan tata boga, tata busana, akuntansi, perhotelan, mesin, administrasi, dan masih banyak lagi.

 

  1. Lama Pendidikan

Lama pendidikan di SMA adalah tiga tahun, berbeda dengan SMK yang lama pendidikannya berkisar tiga sampai empat tahun. Hal ini dikarenakan siswa SMK harus mengikuti program praktek kerja lapangan terlebih dahulu sebelum lulus. Tapi ini berlaku hanya di beberapa SMK tertentu yang menerapkan lama pendidikan selam empat tahun.

 

  1. Peluang Setelah Lulus

Setelah lulus dari SMA, kamu dianjurkan untuk melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi sesuai jurusan atau minat yang kamu punya. Sementara setelah lulus SMK, kamu dapat bekerja karena kamu telah memiliki pengalaman kerja saat program kerja lapangan. Tapi jika kamu ingin melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi pun hal tersebut sangat diperbolehkan.

 

 

Foto: shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.