6 Aktivitas Menyenangkan Belajar Membaca

pintar-bacaKemampuan membaca merupakan kebutuhan dasar bagi anak karena merupakan syarat utama untuk memasuki jenjang pendidikan formal. Sayangnya, mengajarkan anak membaca tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Seringkali anak cepat bosan, capek, bahkan mengantuk saat belajar.

Salah satu cara tepat menyiasati hal itu adalah dengan membuat aktivitas belajar membaca menjadi seperti bermain yang menyenangkan. Peran orangtua dan pembimbing sangat penting dalam hal ini. Merekalah yang nantinya membuat proses belajar menjadi tidak membosankan bagi anak.

Berkaitan dengan hal tersebut, CMedia menerbitkan buku Panduan Lengkap Pintar Membaca yang ditulis oleh Nur Khoiriyah. Buku ini merupakan sebuah panduan lengkap belajar membaca untuk anak 4—6 tahun yang disusun sedemikian rupa sehingga kegiatan membaca bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan.

Pertama, anak akan diajak untuk mengenal huruf melalui benda-benda yang terdapat di sekitar mereka. Kedua, mereka akan diperkenalkan dengan bunyi vokal a, i, u, e, o. Ketiga, mereka akan belajar membaca gabungan huruf konsonan dan vokal.

Keempat, anak akan diajak untuk mengenal bunyi khusus, seperti nya, ang, nga, dan sebagainya. Kelima, anak akan mulai diajak untuk latihan membaca. Dan, terakhir membaca beberapa cerita pendek.

Selamat belajar membaca!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.