Tips Ampuh Menghadapi Ujian Nasional

Ujian Nasional sudah terlihat di depan mata. Dalam hitungan bulan, para pelajar akan menghadapi ujian yang sering menjadi momok menakutkan tersebut. Sebenarnya, Ujian Nasional tidak perlu takut jika kamu mengetahui tipsnya.

Ada tips yang ampuh untuk menghadapi Ujian Nasional. Apa saja tips ampuh itu?

1.    Paham kisi-kisi UN
Pemerintah mengeluarkan kisi-kisi UN untuk kamu pelajari dan pahami. Jika kamu memahami kisi-kisi ini, yakin deh bisa menjawab soal-soal UN. Bagaimana cara memahaminya? Kamu bisa belajar dari buku-buku penunjang pelajaran khusus UN, misalnya Target Nilai 10 UN SMA atau 99% Sukses Menghadapi UN SMK yang dikeluarkan Penerbit CMedia. Buku-buku itu sudah disusun berdasarkan kisi-kisi. Kamu bisa memelajari ringkasan materi dan soal-soalnya lebih fokus karena sudah berdasarkan kisi-kisi. Yakin deh, soal yang keluar tidak jauh dari tipe soal-soal itu.

2.    Buat jadwal belajar dan konsisten
Kamu tidak perlu belajar selama 24 jam. Buat jadwal belajar dan lakukan secara konsisten, misalnya kamu belajar sore hari setelah pulang sekolah dan istirahat. Menjelang malam (Magrib misalnya), kamu bisa istirahat sejenak. Sekitar pkl19.00 atau pkl20.00, kamu bisa belajar kembali. Tidak perlu terlalu malam, kamu bisa belajar sampai pkl21.00 atau pkl22.00. Ini contoh jadwal belajar yang dapat dilakukan olehmu. Semua bisa disesuaikan dengan kesanggupanmu asal tidak terlalu santai atau terlalu memaksakan diri.

3.    Belajar bersama
Belajar bersama juga baik dilakukan olehmu. Kamu bisa berdiskusi tentang soal yang belum dimengerti atau bertukar pikiran. Kamu bisa juga mengajarkan temanmu. Mengajarkan temanmu akan membantumu lebih mengingat dan memahami soal. Ingat, semakin banyak mengulang dan berlatih akan mengasah kemampuanmu.

4.    Sesekali refreshing
Tidak salah jika sesekali kamu refreshing. Kamu bisa melakukan kegiatan yang disukai, misalnya nonton film atau jalan bareng teman. Tubuh dan pikiranmu juga butuh penyegaran agar semangat terus. Jika kamu memaksakan diri untuk terus belajar maka sangat memungkinkan jadi stres.

5.    Jaga kesehatan
Ini sangat perlu dilakukan karena sebagian orang sering mengabaikanmya. Tubuhmu juga perlu dijaga kesehatannya. Tidak mau kan sakit datang justru saat hari ujiannya? Jadi, berikan hak tubuhmu untuk istrirahat dan makanan yang baik untuk tubuh.

6.    Yakin pada diri sendiri
Tidak jarang pelajar yang ragu dengan dirinya akan mencari bocoran atau contekan padahal jawabannya belum tentu benar. Ada yang tahu kenapa? Tipe soal yang berbeda, ini karena pemerintah memberikan banyak tipe soal UN. Belum tentu soalmu sama dengan bocoran atau contekan. Jadi, yakin pada diri sendiri. Yakin bahwa usahamu tidak akan sia-sia.

7.    Berdoa dan berserah diri
Sertakan juga doa dalam usahamu ini. Kenapa? Segala sesuatu dapat saja terjadi di luar dugaan kita, entah apa pun itu. Jadi, tetap sertakan Tuhanmu karena Dia yang menentukannya. Jangan lupa juga untuk berserah diri.

Jika sudah menjalankan semua tips ini, kamu tidak perlu khawatir. Usaha tidak akan membohongi hasilnya. Tetap semangat menghadapi UN. Jangan lupa untuk tetap tenang!

target-nilai-10-un-sma-ips-2017a   Target-Nilai-10-UN-SMA-MA-IPA-2017a   99-sukses-un-smk-teknologi-kesehatan-pertanian-2017   99-sukses-un-smk-akutansi-pemasaran-2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *