Jenis-Jenis Tes yang Diujikan dalam Toefl

Adakah teman CMedia yang sedang belajar Toefl atau akan tes Toefl?

Kenapa? Karena sekarang, CMedia akan berbagi info seputar Toefl. Apa saja infonya? Simak terus twit dari CMedia, ya. Sebelumnya, ada yang tahu Toefl itu apa? Toefl itu singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Toefl ini untuk menguji kemampuan seseorang berbahasa Inggris.

Toefl ini terdiri dari beberapa tes:

  1. Listening comprehension
  2. Structure and written expression
  3. Reading comprehension
  4. Test of Written English (TWE)

Keempat tes itu dilakukan sekaligus saat Toefl diujikan.

 

Masih belum paham? Oke, sekarang mari dibahas satu per satu.

  1. Listening comprehension

Tes ini menguji kemampuanmu dalam mendengarkan percakapan atau pidato pendek bahasa Inggris. Tidak ada pengulangan untuk tes ini. Jadi, kamu harus mendengarkan dengan baik-baik. Tetap jaga konsentrasimu. Jumlah soal yang diberikan sebanyak 50 soal dalam 40 menit.

  1. Structure & written expression

Tes ini menguji kemampuanmu dalam memahami tata bahasa dan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai. Tes bagian ini juga memintamu untuk mengetahui letak kesalahan dari tata bahasa/ungkapan. Jumlah soal tes ini yang diberikan sebanyak 40 soal dengan waktu 25 menit.

  1. Reading comprehension

Tes ini mengujimu untuk memahami berbagai jenis bacaan ilmiah. Berkaitan dengan apa saja bacaan ilmiah tersebut? Topik, ide utama, isi bacaan, arti kata/kelompok kata, & informasi detail. Jumlah soal tes ini yang diberikan sebanyak 50 soal dengan waktu 55 menit.

  1. Test of Written English

New Edition 99% sukses menghadapi toeflTes ini menguji kemampuanmu dalam menulis esai bahasa Inggris. Kamu akan diberikan satu topik tertentu untuk membuat esai. Untuk tes bagian ini, tidak semua TOEFL mengujikannya. Jumlah soal tes ini yang diberikan hanya 1 soal dengan waktu 30 menit.

 

Itulah keempat tes yang diujikan saat Toefl. Meski ada banyak tesnya, kamu tidak perlu khawatir. Kenapa? Selama berusaha dan berdoa, kamu bisa menghadapi Toefl. Sekarang pun, ada banyak buku Toefl yang dapat dipelajari. Salah satunya, buku 99% Sukses Menghadapi Toefl.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *