Articles

Print

Lulus Tes Potensi Akademik Masuk Perguruan Tinggi

Written by Admin.

 

Pasti-Bisa-Lolos-TPA-Masuk-Perguruan-TinggiTes Potensi Akademik (TPA) adalah salah satu tes yang diujikan bagi lulusan SMA dan sederajat untuk memasuki jenjang pendidikan tinggi. Masuk perguruan tinggi ibarat sebuah perlombaan untuk memperebutkan kursi, yang di dalamnya pasti terdapat persaingan yang sangat ketat. Semua peserta akan belajar habis-habisan untuk menembus perguruan tinggi.

Ada empat kunci sukses menghadapi soal TPA, yaitu menggunakan metode yang tepat, berlatih, bersungguh-sungguh, dan berdoa. Metode yang tepat akan memungkinkan seseorang lebih memudah menyerap materi soal yang akan diujikan pada TPA, sedangkan dengan berlatih akan memperoleh kematangan materi. Bersungguh-sungguh menjadi bagian dari kekuatan yang akan mengasah mental sehingga bisa mengubah hal yang sulit menjadi mudah dan penuh optimis. Dan sebagai pamungkasnya adalah doa yang akan menenteramkan pikiran dan jiwa Anda sehingga Anda lebih meyakini bahwa ada kekuatan yang lebih besar dari segala kemampuan yang dimiliki manusia, yaitu kekuatan Allah SWT.

Salah satu bentuk metode untuk persiapan menghadapi TPA masuk perguruan tinggi adalah memahami tip dan trik soal TPA, mengetahui pola soal TPA yang sering muncul, serta sering mengerjakan soal-soal try out dan prediksi TPA. Try out berfungsi untuk mengukur kemampuan dan tingkat keberhasilan dalam persiapan menghadapi TPA, sedangkan prediksi berfungsi untuk memberikan gambaran soal yang akan muncul.

Biasanya, ada empat jenis tes yang biasa diujikan pada TPA, yaitu tes kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, dan kemampuan spasial. Tes kemampuan verbal ditujukan untuk melihat kemampuan dalam memahami hubungan kata, kosakata, dan mencerna dengan cepat kata-kata tertentu. Di dalamnya juga termasuk kemampuan mengingat kata-kata dan pola yang membentuknya yang mencakup kosakata, pembentukan kata, persamaan kata, lawan kata dan padanan kata.

Sedangkan pada tes kemampuan numerik berkaitan dengan kecermatan dan kecepatan dalam penggunaan fungsi-fungsi hitung dasar. Jika dipadukan dengan kemampuan mengingat, tes ini dapat mengungkap kemampuan intelektual seseorang, terutama kemampuan penalaran berhitung dan berpikir secara logis. Hal lain yang akan terlihat juga adalah kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan individu dalam mengerjakan sesuatu.

Adapun tes kemampuan logika yang berarti kemampuan penalaran untuk mengikuti alur pemikiran tentang sesuatu sehingga memungkinkan individu mengambil kesimpulan yang dapat mengenai suatu keadaan. Dan yang terakhir ialah tes kemampuan spasial yang mengukur kemampuan untuk mengenali berbagai hubungan dalam bentuk gambar, seperti membedakan gambar, bayangan cermin, dan deret gambar.

Buku Pasti Bisa Lolos TPA Masuk Perguruan Tinggi terbitan C-Media ini merupakan bagian dari metode yang ditawarkan secara tepat dalam berlatih untuk menunjang kelulusan Tes Potensi Akademik (TPA). Buku ini menyajikan tip dan trik soal TPA, mulai dari tip dan trik kemampuan verbal hingga tip dan trik kemampuan spasial. Selanjutnya, berisi pola soal TPA masuk perguruan tinggi yang sering muncul, try out TPA, dan prediksi TPA.

Selain itu, buku yang disusun oleh tim yang terdiri dari Nurul Hudha, Dra. Siti Nurhayati, dan Sugeng Muh. Amien ini dilengkapi pula dengan bonus CD simulasi try out dan prediksi TPA yang bisa Anda pergunakan di komputer Anda secara mudah.